Jumat, 28 Mei 2010

Hasil Belajar

Apa yang Anda akan peroleh dengan kegiatan belajar Anda? Apa ouput dan outcome dari kegiatan belajar Anda? Hasil belajar adalah pola-pola perbuatan, nilai-nilai, pe-ngertian-pengertian, sikap-sikap, apresiasi dan keterampil­an. Merujuk pemikiran Gagne, hasil belajar berupa:
1)Informasi verbal yaitu kapabilitas mengungkapkan pe­ngetahuan dalam bentuk bahasa, baik lisan maupun tertulis. Kemampuan merespons secara spesifik tp hadap rangsangan spesifik. Kemampuan tersebut tidal/ memerlukan manipulasi simbol, pemecahan masalah maupun penerapan aturan.
2)Keterampilan intelektual yaitu kemampuan mempre-sentasikan konsep dan lambang. Keterampilan intelek­tual terdiri dari kemampuan mengategorisasi, kernam-puan analitis-sintesis fakta-konsep dan mengembang-kan prinsip-prinsip keilmuan. Keterampilan intelektual merupakan kemampuan melakukan aktivitas kognitif bersifat khas.
3)Strategi kognitif yaitu kecakapan menyalurkan dan mengarahkan aktivitas kognitifnya sendiri. Kemam-. puan ini meliputi penggunaan konsep dan kaidah dalam memecahkan masalah.
4)Keterampilan motorik yaitu kemampuan melakukan serangkaian gerak jasmani dalam urusan dan koordi-nasi, sehingga terwujud otomatisme gerak jasmani.

Sikap adalah kemampuan menerima atau menolak objek berdasarkan penilaian terhadap objek tersebut. Sikap berupa kemampuan menginternalisasi dan eks-ternalisasi nilai-nilai. Sikap merupakan kemampuan menjadikan nilai-nilai sebagai standar perilaku. Menurut Bloom, hasil belajar mencakup kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik. Domain kognitif adalah knowledge (pengetahuan, ingatan), comprehension (pemaharn' an, menjelaskan, meringkas, contoh), application (menerap-kan), analysis (menguraikan, menentukan hubungan), synthesis (mengorganisasikan, merencanakan, membentu g.nrian baru), dan evaluation (menilai). Domain afektif dalah receiving (sikap menerima), responding (memberikan respons), valuing (nilai), organization (organisasi), characteriza­tion (karakterisasi). Domain psikomotor meliputi initiatory, nre-routine, dan rountinized. Psikomotor juga mencakup keterampilan produktif, teknik, fisik, sosial, manajerial, dan intelektual. Sementara, menurut Lindgren hasil pembelajar-an meliputi kecakapan, informasi, pengertian, dan sikap.
Yang harus diingat, hasil belajar adalah perubahan peri­laku secara keseluruhan bukan hanya salah satu aspek potensi kemanusiaan saja. Artinya, hasil pembelajaran yang dikategorisasi oleh para pakar pendidikan sebagaimana ter­sebut di atas tidak dilihat secara fragmentaris atau terpisah, melainkan komprehensif.

0 komentar:

Posting Komentar