Rabu, 05 Mei 2010

MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP KONSEP KIMIA KARBON MELALUI STRATEGI PETA KONSEP (CONCEPT MAPPING)*

MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP KONSEP KIMIA KARBON MELALUI STRATEGI PETA KONSEP (CONCEPT MAPPING)*

Rusmansyah**
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi strategi Peta Konsep (Concept Mapping) dalam meningkatkan pemahaman siswa tingkat  II SMU Negeri 1 Banjarmasin terhadap Konsep Kimia Karbon.  Rancangan penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu, dengan teknik analisis data yaitu teknik anakova dan teknik angket untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap pembelajaran kimia dengan menggunakan strategi peta konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen.  Hasil angket menunjukkan siswa merasa lebih mudah memahami pelajaran dengan strategi peta konsep, siswa merasa pelajaran yang disampaikan sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari, siswa merasa tertantang untuk lebih mengetahui secara mendetail permasalahan dan tugas yang diberikan, siswa tertarik dan keterampilan prosesnya berkembang, siswa merasa tumbuh ide dan pertanyaan untuk memecahkan masalah yang diberikan, siswa terlibat aktif dalam kelompoknya untuk menyelesaikan tugas yang diberikan, dan siswa menginginkan agar strategi peta konsep menjadi salah satu cara yang dapat diterapkan dalam pembelajaran. 
Kata Kunci: konsep kimia karbon, peta konsep (concept mapping), eksperimen semu, analisis kovarians, teknik angket.



0 komentar:

Posting Komentar