Rabu, 30 Juni 2010

Populasi dalam penelitian

Populasi
Populasi adalah keseluruhan subjek penelitian. Apabila seseorang ingin meneliti semua elemen yangada dalam wilayah penelitian, maka penefitiannya merupakan penelttian populasi. Studi atau penelitiannya juga disebut studi populasi atau studi sensus. Di dalam Encyclopedia of Educational Evaluation tertulis:
A population is a set (or collection) of all e/ements prossess»'ngone | or more attributes of interest
Dikemukakan sebagai contoh:
1.Semua orang yang terdaftar dalam angkatan laut pada hari tertentu.
2.Semua televisi dari tipe yang sama yang diproduksi oleh suatu pabril dalam satu tahun tertentu.
3.Semua mahasiswa yang terdaftar mengambil suatu mata kuliali| tertentu.
4.Semua jenis senjata yang diperbolehkan oleh undang-undang.

Dilihat dari jumlahnya, maka populasi dapat:
1.Jumlah terhingga (terdiri dari elemen dengan jumlah tertentu)se|:contoh nomor 1, 2, dan 3 di atas.
2.jumlah tak hingga (terdiri dari elemen yang sukar sekali die batasannya). Mungkin senjata itu kini sudah Jadi, sud direproduksi, tetapi mungkin juga belum diproduksi oleh pabrik,a bahkan sudah rusak dan dimusnahkan.
Objekpada populasi diteliti, hasilnya dianalisis, disimpulkan, dan kesimpulan itu berlaku untuk seluruh populasi. Misalnya ingin mengetahui kualitas semua televisi produksi PT Nasional. Setelah diadakan penelitian kepada 'semua'' produk televisi maka disimpulkan bahwa semua televisi buatan PT Nasional "bagus" atau "tidak bagus". Tetapi apakah kita dapat meneliti semua televisi produk PT Nasional ?Tentu sajatidak, karena setelah penelitian selesai PT Nasional masih memproduksi televisi.

Jadi yangditeliti
berarti tidak semua. •
Penelitian populasi hanya dapat dilakukan bagi populasi terhingga
dan subjeknya tidak terlalu banyak.
Produksi televisi PT Nasional tergolong populasi tidak terhingga. lika peneliti memang ingin mengadakan penelitian populasi maka harus mengadakan pembatasan dulu, misalnya produksi televisi PT Nasional tahun1980. Dalam hal ini peneliti harus memeriksa kualitas televisi yang diproduksi PT Nasional selama satu tahun, lalu disimpulkan sebagai bagaimanakah kualitasnya produksi tahun tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar