Minggu, 19 September 2010

TAMAN WISATA ALAM LAUT BILUHU TIMUR KECAMATAN BATUDAA PANTAI KABUPATEN GORONTALO


Desa Biluhu Timur adalah salah satu daerah yang berada di pesisir Teluk Tomini. Daerah ini selain memiliki kondisi hutan yang masih terjaga juga memiliki lautan yang begitu indah.
Dengan selesainya pembangunan jalan mulai di Kecamatan Batudaa Pantai, wilayah ini bisa menjadi salah satu daerah potensial di kawasan teluk tomini. Penilaian ini diberikan langsung oleh wagub. Batudaa Pantai sangat potensial terutama dalam pengembangan kelautan dan perikanan terutama rumput laut.
Keindahan Pantai Biluhu Timur, ibarat mutiara kepariwisataan yang terhampar di pesisir Teluk Tomini. Dalam keindahan tersebut dapat dijadikan sebagai sarana untuk menikmati panorama alam laut dan pantai, berenang, memancing, snorkeling, scuba diving dan lain-lain. Air laut Biluhu Timur nyaris tak berombak, karena letak geografisnya yang berada di bawah bukit, air lautnya yang kehijauan, dan hamparan pasir putih yang menyelimuti kawasan sekitarnya, serta rindangnya puluhan pohon pinus menambah indahnya suasana. Serta terdapat juga pelayanan sarana seperti : pondok alam, rumah makan, kamar mandi, dan musollah, untuk mempermudah bagi yang mengunjungi.
Sekitar 200 meter dari bibir pantai kita akan menemukan air laut yang tenang dan jernih itu memungkinkan pengunjung mengamati ekosistem laut seperti bintang laut biru, bintang ular dari berbagai spesies, landak laut, mentimun laut, anggota demospongia, gurita, ikan ekor kuning, serta berbagai jenis hewan laut yang termasuk dalam kelas molusca dengan mata telanjang.
Beragam ikan laut dan gugusan karang yang indah merupakan panorama khas bawah laut Biluhu Timur. Bahkan jika beruntung, saat menyelam anda bisa bertemu spesies langka seperti kuda laut kerdil, bintang laut yang berbentuk bulat, ikan kalajengking. Kondisi karang di Biluhu Timur 60% dalam kondisi sangat baik serta memiliki kombinasi keragaman karang dan ikan yang terbaik.
Dengan kondisi laut yang masih terjaga serta ekosistem laut dengan spesies hewan yang masih beraneka ragam , maka kami berinisiatif alangkah baiknya jika desa Bilihu Timur dijadikan salah satu tempat wisata yaitu “ Wisata Alam Laut” dan juga di jadikan sebagai tempat penelitian ilmiah yang berhubungan dengan ekosistim laut. Karena disamping itu keadaan alamnya sendiri yang potensial sebagai tempat wisata juga di dalam kawasan Biluhu Timur terdapat tempat penangkaran penyu laut dan juga pemandangan alam bawah laut yang sangat indah merupakan asset tidak ternilai bagi pengembangan pariwisata di Propinsi Gorontalo.


0 komentar:

Posting Komentar