Apa yang Anda akan peroleh dengan kegiatan belajar Anda? Apa ouput dan outcome dari kegiatan belajar Anda? Hasil belajar adalah pola-pola perbuatan, nilai-nilai, pe-ngertian-pengertian, sikap-sikap, apresiasi dan keterampilan. Merujuk pemikiran Gagne, hasil belajar berupa:
1)Informasi verbal yaitu kapabilitas mengungkapkan pengetahuan dalam bentuk bahasa, baik lisan maupun tertulis. Kemampuan merespons secara spesifik tp hadap rangsangan spesifik. Kemampuan tersebut tidal/ memerlukan manipulasi simbol, pemecahan masalah maupun penerapan aturan.
2)Keterampilan intelektual yaitu kemampuan mempre-sentasikan konsep dan lambang. Keterampilan intelektual terdiri dari kemampuan mengategorisasi, kernam-puan analitis-sintesis fakta-konsep dan mengembang-kan prinsip-prinsip keilmuan. Keterampilan intelektual merupakan kemampuan melakukan aktivitas kognitif bersifat khas.
3)Strategi kognitif yaitu kecakapan menyalurkan dan mengarahkan aktivitas kognitifnya sendiri. Kemam-. puan ini meliputi penggunaan konsep dan kaidah dalam memecahkan masalah.
4)Keterampilan motorik yaitu kemampuan melakukan serangkaian gerak jasmani dalam urusan dan koordi-nasi, sehingga terwujud otomatisme gerak jasmani.
Sikap adalah kemampuan menerima atau menolak objek berdasarkan penilaian terhadap objek tersebut. Sikap berupa kemampuan menginternalisasi dan eks-ternalisasi nilai-nilai. Sikap merupakan kemampuan menjadikan nilai-nilai sebagai standar perilaku. Menurut Bloom, hasil belajar mencakup kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik. Domain kognitif adalah knowledge (pengetahuan, ingatan), comprehension (pemaharn' an, menjelaskan, meringkas, contoh), application (menerap-kan), analysis (menguraikan, menentukan hubungan), synthesis (mengorganisasikan, merencanakan, membentu g.nrian baru), dan evaluation (menilai). Domain afektif dalah receiving (sikap menerima), responding (memberikan respons), valuing (nilai), organization (organisasi), characterization (karakterisasi). Domain psikomotor meliputi initiatory, nre-routine, dan rountinized. Psikomotor juga mencakup keterampilan produktif, teknik, fisik, sosial, manajerial, dan intelektual. Sementara, menurut Lindgren hasil pembelajar-an meliputi kecakapan, informasi, pengertian, dan sikap.
Yang harus diingat, hasil belajar adalah perubahan perilaku secara keseluruhan bukan hanya salah satu aspek potensi kemanusiaan saja. Artinya, hasil pembelajaran yang dikategorisasi oleh para pakar pendidikan sebagaimana tersebut di atas tidak dilihat secara fragmentaris atau terpisah, melainkan komprehensif.
0 komentar:
Posting Komentar