Selasa, 28 September 2010

Studi Komparasi Hasil Belajar Siswa Pada Materi Titrasi Asam Basa Dengan Menggunakan Virtual Chemistry Laboratory (VCLab) dan Macromedia Flash


Eko Cahyono. 2010. Studi Komparasi Hasil Belajar Siswa Pada Materi Titrasi Asam Basa Dengan Menggunakan Virtual Chemistry Laboratory (VCLab) dan Macromedia Flash. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Universitas Negeri Gorontalo (UNG). Pembimbing I Dr.Weny J.A. Musa, M.Si dan Pembimbing II Masrid Pikoli, S.Pd, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada materi titrasi asam basa dengan menggunakan Virtual Chemistry Laboratory (VCLab) dan Macromedia Flash.
Penelitian merupakan penelitian eksperimental dengan rancangan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Post Test Only Controle Group Design dengan populasi siswa kelas XI IPA SMA Negeri I Gorontalo tahun pelajaran 2009/2010. Sampel penelitian terbagi dua kelas eksperimen dengan kelas menggunakan Virtual Chemistry Laboratory (VCLab) dengan jumlah siswa 35 orang dan kelas Macromedia Flash dengan jumlah siswa 39 orang.
Hasil penelitian di SMA Negeri 1 Gorontalo menunjukan bahwa pada uji tes hasil belajar kelas dengan menggunakan Virtual Chemistry Laboratory (VCLab) skor yang diperoleh yaitu nilai rata-rata = 78,07 sedangkan tes hasil belajar pada kelas menggunakan Macromedia Flash dengan skor yang diperoleh nilai rata-rata = 75,64 dalam uji hipotesis bahwa dalam taraf signifikan 0,05 dengan dk = 71 ternyata diperoleh nilai thitung = 1,23 < ttabel (0,975) = 1,99 untuk taraf signifikan 0,05 dan ttabel (0,995) = 2,64 untuk taraf signifikan 0,01 dinyatakan bahwa H0 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan secara signifikan hasil belajar siswa dengan menggunakan Virtual Chemistry Laboratory dan siswa yang menggunakan pembelajaran menggunakan Macromedia Flash

untuk selengkapnya SILAHKAN DOWNLOAD DISINI

0 komentar:

Posting Komentar