Ciri-Ciri Media Pendidikan
Gerlach & Ely (1971) mengemukakan tiga ciri media yang merupakan petunjuk mengapa media digunakan dan apa-apa saja yang dapat dilakukan oleh media yang numgkin guru tidak mampu (atau kurang efisien) mela-
kukannya.
a. Ciri Fiksatif (Fixative Property)
Ciri ini menggambarkan kemampuan media me-rekam/ menyimpan, melestarikan, dari merekonstruksi suatu perisdwa atau objek. Suatu peristiwa atau objek dapat diurut dan disusun kembali dengan media seperti fotografi/ video tape, audio tape/ disket komputer, dan film. Suatu objek yang telah diambil gambamya (dire-kam) dengan kamera atau video kamera dengan mudah dapat direproduksi dengan mudah kapan saja diperlu-kan. Dengan ciri fiksatif ini/ media memungkinkan suatu rekaman kejadian atau objek yang terjadi pada satu wak-tu tertentu ditransportasikan tanpa mengenal waktu.
Ciri ini amat penting bagi guru karena kejadian-ke iadian atau objek yang telah direkam atau disimpan dengan format media yang ada dapat digunakan setiap saat. Peristiwa yang kejadiannya hanya sekali (dalam satu dekade atau satu -abad) dapat diabadikan dan disusun kenzbali untuk keperluan pembelajaran. Prosedur labora-tonum yang rumit dapat direkam dan diatur untuk kemu-dian direproduksi berapa kali pun pada saat diperlukan. Demikian pula kegiatan siswa dapat direkam untuk kemudian dianalisis dan dikritik oleh siswa sejawat baik secara perorangan maupun secara kelompok.
b. Ciri Mampulatif( Manipulative Property)
Transformasi suatu kejadian atau objek dimungkin-kan karena media memiliki ciri manipulatif. Kejadian yang memakan waktu berhari-hari dapat disajikan ke-pada siswa dalam waktu dua atau tiga menit dengan tek-nik pengambilan gambar time-lapse recording. Misamya, bagaimana proses larva menjadi k"epompong kemudian menjadi kupu-kupu dapat dipercepat dengan teknik rekaman fotografi tersebut. Di samping dapat dipercepat, suatu kejadian dapat pula diperlambat pada saat menayangkan kembali hasil suatu rekaman video. Misal-nya, proses loncat galah atau reaksi kin-da dapat diamati melalui bantuan kemampuan manipulatif dari media. Demikian pula,. suatu aksi gerakan dapat direkam dengan foto kamera untuk foto. Pada rekaman gambar hidup (video/ motion film) kejadian dapat diputar mundur. Media (rekaman video atau audio) dapat diedit sehingga guru hanya menampilkan bagian-bagian penting/utama dan ceramah, pidato/ atau urutan suatu kejadian dengan memotong bagian-bagian yang tidak diperiukan. Kemampuan media dari ciri manipulatif memerlukan perhatian sungguh-sungguh karena apabila terjadi kesalahan dalam pengaturan kembali urutan kejadian atau pemotongan bagian-bagian yang salah, maka akan terjadi pula kesa-lahan penafsiran yang tentu saja akan membmgungkan dan bahkan menyesatkan sehingga dapat mengubah sikap mereka ke arah yang tidak diinginkari.
Manipulasi kejadian atau objek dengan jalan meng-edit hasil rekaman dapat menghemat waktu. Proses pe-nanaman dan panen gandum, pengolahan gandum menjadi tepung, dan penggunaan tepung untuk membuat roti dapat dipersingkat wakhmya dalam suatu urutan rekaman video atau film yang mampu menyajikan in-formasi yang cukup bagi siswa untuk mengetahui asal-usul dan proses dari penanaman bahan baku tepung hingga menjadi roti.
c. Ciri Distributif (Distributive Property)
distributif dari media memungkinkan suatu objek atau kejadian ditransportasikan melalui ruang, dan secara bersamaan kejadian tersebut disajikan kepada seiumlah besar siswa dengan stimulus pengalaman yang re-latif sama mengenai kejadian itu. Dewasa ini, distri-busi media tidak hanya terbatas pada satu kelas atau beberapa kelas pada sekolah-sekolah di dalam suatu wi-layah tertentu/ tetapi juga media itu misalnya rekaman video, audio/ disket komputer dapat disebar ke seluruh penjuru tempat yang diinginkan kapan saja.
Sekali informasi direkam dalam format media apa saja/ ia dapat direproduksi seberapa kali pun dan siap digunakan secara bersamaan di herbage, i tempat atau digunakan secara berulang-ulang di suatu tempat. Kon-sistensi informasi yang telah direkam akan terjamin saina atau hampir sama dengan aslinya.
0 komentar:
Posting Komentar