Sabtu, 29 Mei 2010

media pembelajaran melalui Rekaman Audio-Tape

media pembelajaran melalui Rekaman Audio-Tape
a.Pesan dan isi pelajaran dapat direkam pada tape magnetik sehingga hasil rekaman itu dapat diputar kembali pada saat diinginkan. Pesan dan isi pelajaran itu dimaksudkan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa sebagai upaya mendukung terjadinya proses belajar.
b.Materi rekaman audiotape adalah cara ekonomis tuk inenyiapkan isi pelajaran atau jenis informasi ter-un Rekaman dapat disiapkan untuk sekelompok ^va' dan sekarang ini sudah lumrah rekaman diper-^apkan untuk penggunaan perorangan. Sudjana & Rivai ,< 991:130) mengemukakan hubungan media audio dengan pengembangan keterampilan yang berkaitan denean aspek-aspek keterampilan mendengarkan. Kete­rampilan yang dapat dicapai dengan penggunaan media audio meliputi:
1.Pemusatan perhatian dan mempertahankan perhati­an. Misalnya, siswa mengidentifikasi kejadian ter-tentu dari rekaman yang didengarnya.
2.Mengikuti pengarahan. Misalnya, sambil mendengar­kan pernyataan atau kalimat singkat, siswa menan-dai salah satu pilihan pernyataan yang mengandung arti yang sama.
3.Melatih daya analisis. Misalnya, siswa menentukan urut-urutan kejadian atau suatu peristiwa, atau me­nentukan ungkapan mana yang menjadi sebab dan yang mana akibat dari pernyataan-pernyataan atau kalimat-kalimat rekaman yang didengarnya.
4.Menentukan arti dari konteks. Misalnya, siswa men­dengarkan pernyataan yang belum lengkap sambil berusaha menyempurnakannya dengan memilih kata yang disiapkan. Kata-kata yang disiapkan itu berbunyi sangat mirip dan hanya dapat dibedakan apabila sudah dalam konteks kalimat.
5.Memilah-milah informasi atau gagasan yang relevan dan informasi yang tidak relevan. Misalnya/ rekaman yang diperdengarkan mengandung dua sisi infor­masi yang berbeda dan siswa mengelompokkan in-rormasi ke dalam dua kelompok itu.
6.Merangkum/ mengemukakan kembali, atau men ingat kembali informasi. Misalnya/ setelah mend ngarkan rekaman suatu peristiwa atau ceritera sisw diminta untuk mengungkapkan kembali denea kalimat-kalimat mereka sendiri.

Keuntungan
1.Radio tape {tape recorder) telah menjadi peralatan yang sangat lumrah dalam rumah tangga/ sekolah mobil/ bahkan kantongan (walkman). Karena harga yang cenderung terjangkau oleh seluruh lapisan ma-syarakat/ ketersediaannya dapat diandalkan. Rekaman dapat digandakan untuk keperluan per-orangan sehingga pesan dan isi pelajaran dapat ber-ada di beberapa tempat pada waktu yang bersamaan. Merekam peristiwa atau isi pelajaran untuk diguna-kan kemudian/ atau merekam pekerjaan siswa sendiri dapat dilakukan dengan media audio.
2.Rekaman memberikan kesempatan kepada siswa untuk mendengarkan diri sendiri sebagai alat diag­nosis guna membantu meningkatkan keterampilan mengucapkan membaca/ mengaji atau berpidato
3.Pengoperasian radio tape/tape recorder relatif rnu-dah.
Keterbatasan
1.Dalam suatu rekaman/ sulit menentukan lokasi suata pesan atau informasi. Jika pesan atau informasi berada di tengah-tengah pita, maka akan memakan waktu lama untuk menemukannya, apalagij'ika radio tape tidak memiliki angka-angka penuntun putaran pitanya. Kecepatan merekam dan pengaturan trek yang ber macam-macam menimbulkan kesulitan untuk mema-nkan kembali rekaman yang direkam pada suatu inesin perekam yang berbeda dengannya.

sumber : ARSYAD,AZHAR.2009.MEDIA PEMBELAJARAN. JAKARTA: PT RAJAGRASINDO PERSADA

0 komentar:

Posting Komentar