Kelebihan dan keterbatasan media pamer
Kelebihan dan keterbatasan media pamer ini adalah sebagai berikut.
Kelebihan Bermanfaat di ruang mana pun tanpa harus ada pe-nyesuaian khusus.
a.Pemakai dapat secara fleksibel membuat perubah-an-perubahan sementara penyajian berlangsung.
b.Mudah dipersiapkan dan materinya mudah diguna-kan.
c.Fasilitas papan tulis atau white board'selalu tersedia di ruang-ruang kelas.
d.Keterbatasan
Terbatas penggunaannya pada kelompok kecil.
a.Memerlukan keahlian khusus dari penyajinya (apa-lagi jika memerlukan penjelasan verbal).
b.Mungkin tidak dianggap penting jika dibandingkan dengan media-media yang diproyeksikan.
c.Pada saat menulis di papan, guru membelakangi siswa, dan jika ini berlangsung lama tentu akan mengganggu suasana dan pengelolaan kelas.
Proyektor Transparansi (OHP)
Transparansi yang diproyeksikan adalah visual bail1 berupa huruf, lambang, gambar, grafik atau gabung-annya pada lembaran bahan tembus pandang atau plastik yang dipersiapkan untuk diproyeksikan ke sebuah g^au dinding melalui sebuah proyektor. Kemam-n oroyektor memperbesar gambar membuat media 1 • hereun3 untuk menyajikan informasi pada kelompok vans besar dan pada semua jenjang. OHP dirancang untuk dapat digunakan di depan kelas sehingga guru dapat selalu berhadapan atau menatap siswanya. Pe-nataan letak layar dan proyeksi bayangan sering menim-bulkan layar yang berbentuk trapesium (keystone) yang sering mengganggu penampilan tayangan dan pan-dangan siswa. Akan tetapi hal itu dapat diatasi dengan memiringkan layar.
Kelebihan OHP
a.Pantulan proyeksi gambar dapat terlihat jelas pada ruangan yang terang (tidak perlu pada ruangan yang gelap) sehingga guru dan murid tetap dapat saling melihat.
b.Dapat menjangkau kelompok yang besar.
c.Guru selalu dapat bertatap muka dengan siswa ka rena OHP dapat diletakkan di depan kelas, dan dengan demikian ia selalu dapat mengendalikan kelasnya.
d.Transparansi dapat dengan mudah dibuat sendiri oleh guru, baik yang dibuat secara manual maupun yang melalui proses cetak, salin, dan kimia.
e.Peralatannya mudah dioperasikan dan tidak memer-lukan perawatan khusus.
f.Memiliki kemampuan untuk menampilkan warna. g. Dapat disimpan dan digunakan berulang kali.
g.Dapat dijadikan pedoman dan penuntun bagi guru dalam penyajian materi.
Keterbatasan
a.Fasilitas OHP harus tersedia.
b.Listrik pada ruang/lokasi penyajian harus tersedia.
c.Tanpa layar yang dapat dimiringkan (misalnya hanya menggunakan dinding/tembok atau layar lurus), sulit untuk mengatasi distorsi tayangan yang ber-bentuk trapesium [kei/stonmg}.
d.Harus memiliki teknik khusus untuk pengaturan
e.urutan baik dalam hal penyajian maupun penyim-panan.
sumber : ARSYAD,AZHAR.2009.MEDIA PEMBELAJARAN. JAKARTA: PT RAJAGRASINDO PERSADA
0 komentar:
Posting Komentar