Seperti diuraikan pada bagian terdahulu bahwa media pembelajaran merupakan komponen instruksional,, yang meliputi pesan, orang, dan peralatan. Dalam per kembangannya media pembelajaran mengikuti perkem-bangan teknologi. Teknologi yang paling tua yang di-manfaatkan dalam proses belajar adalah percetakan yang bekerja atas dasar prinsip mekanis. Kemudian lahir teknologi audio-visual yang menggabungkan penemuan meb.ni.s dan elektronis untuk tujuan pembelajaran. Teknologi yang muncul terakhir adalah teknologi mikro-prosesor yang melahirkan pemakaian komputer dan ke-giatan interaktif (Seels & Richey/ 1994). Berdasarkan perkembangan teknologi tersebut, media pembelajaran dapat dikelompokkan ke dalam empat kelompok, yaitu "'media hasil teknologi cetak, (2) media hasil teknologi audio-visual, (3) media hasil teknologi yang berdasar-kan komputer, dan (4) media hasil gabunean teknologi Teknologi cetak adalah cara untuk menghasilkan atau menyampaikan materi, seperti buku dan materi visual is terutama melalui proses pencetakan mekanis atau fotografis. Kelompok media hasil teknologi cetak meli-puti teks/ grafik, foto atau representasi fotografik dan reproduksi. Mated cetak dan visual merupakan dasar pengembangan dan penggunaan kebanyakan materi pembelajaran lainnya.
Teknologi ini menghasilkan materi dalam bentuk salinan tercetak. Dua komponen pokok teknologi ini adalah materi teks verbal dan materi visual yang dikembangkan berdasarkan teori yang berkaitan dengan persepsi visual/ membaca, memproses informasi, dan teori belajar. Teknologi cetak memiliki ciri-ciri be-rikut:
a)teks dibaca secara linear, sedangkan visual diamati berdasarkan ruang;
b)baik teks maupun visual menampilkan komunikasi satu arah dan reseptif;
c)teks dan visual ditampilkan statis (diam);
d)pengembangannya sangat tergantung kepada prin-sip-prinsip kebahasaan dan persepsi visual;
e)baik teks maupun visual berorientasi (berpusat) pada siswa;
f)informasi dapat diatur kembali atau ditata ulang oleh pemakai.
Teknologi audio-visual cara menghasilkan atau me-nyampaikan materi dengan menggunakan mesin-mestn mekanis dan elektronik untuk menyajikan pesan-pesan audio dan visual. Pengajaran melalui audio-visual jelas bercirikan pemakaian perangkat keras selama proses belajar, seperti mesin proyektor film/ tape recorder/ dan proyektor visual yang lebar. Jadi/ pengajaran melalui audio-visual adalah produksi dan penggunaan materi yang penyerapannya melalui pandangan dan pendengaran serta tidak seluruhnya tergantung kepada pema- lota atau simbol-simbol yang serupa. Ciri-ciri
a.teknologi media audio-visual adalah sebagai berikut: mereka biasanya bersifat linear;
b.mereka biasanya menyajikan visual yang dinanus; mereka digunakan dengan cara yang telah ditetap-kan sebelumnya oleh perancang/pembuatnya;
c.mereka merupakan representasi fisik dari gagasan real atau gagasan abstrak;
mereka dikembangkan menurut prinsip psikologis
d.behaviorisme dan kognitif;
e.umumnya mereka berorientasi kepada guru dengan tingkat pelibatan interaktif murid yang rendah.
Teknologi berbasis komputer merupakan cara menghasilkan atau menyampaikan materi dengan menggunakan sumber-sumber yang berbasis mikro-prosesor. Perbedaan antara media yang dihasilkan oleh teknologi berbasis komputer dengan yang dihasilkan dari dua teknologi lainnya adalah karena informasi/materi disim-pan dalam bentuk digital, bukan dalam bentuk cetakan atau visual. Pada dasamya teknologi berbasis komputer menggunakan layar kaca untuk menyajikan informasi kepada siswa. Berbagai jenis aplikasi teknologi berbasis komputer dalam pembelajaran umumnya dikenal sebagai computer-assisted instruction (pembelajaran dengan bantu-an komputer). Aplikasi tersebut apabila dilihat dari cara penyajian dan tujuan yang ingin dicapai meliputi tutorial vpenyajian materi pelajaran secara bertahap), drills and practice (latihan untuk membantu siswa menguasai yang telah dipelajari sebelumnya), permainan dan nulasi (latihan mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang baru dipelajari), dan basis data (sum-yang dapat membantu siswa menambah informasi dan pengetahuannya sesuai dengan keinginan masine-masing). Beberapa ciri media yang dihasilkan teknoloei berbasis komputer (baik perangkat keras maupun oe-. rangkat lunak) adalah sebagai berikut:
a.mereka dapat digunakan secara acak/ non-sekuen-sial/ atau secara linear;
b.mereka dapat digunakan berdasarkan keinginan siswa atau berdasarkan keinginan perancang/pengembane sebagaimana direncanakannya;
c.biasanya gagasan-gagasan disajikan dalam gaya abs-trak dengan kata, simbol/ dan grafik;
d.prinsip-prinsip ilmu kognitif untuk mengembangkan media ini;
e.pembelajaran dapat berorientasi siswa dan melibat-kan interaktivitas siswa yang tinggi.
TeknolGgi gabungan adalah cara untuk menghasilkan dan menyampaikan materi yang menggabungkan pemakaian beberapa bentuk media yang dikendalikan oleh komputer. Perpaduan beberapa jenis teknologi ini di-anggap teknik yang paling canggih apabila dikendalikan oleh komputer yang memiliki kemampuan yang hebat seperti jumlah random access memory yang besar, hard disk yang besar/ dan monitor yang beresolusi tinggi ditam-bah dengan periperal (alat-alat tambahan seperti videodisc player, perangkat keras untuk bergabung dalam satu jaringan, dan sistem audio. Beberapa ciri utama teknologi berbasis komputer adalah sebagai berikut:
a.ia dapat digunakan secara acak, sekuensial, secara linear;
b.ia dapat digunakan sesuai dengan keinginan siswa, bukan saja dengan cara yang direncanakan dan diinginkan oleh perancangnya;
c.gagasan-gagasan sering disajikan secara realistik da. c lam konteks pengalaman siswa, menurut apa yang relevan dengan siswa, dan di bawah pengendalian
d.siswa; prinsip ilmu kognitif dan konstruktivisme diterapkan dalam pengembangan dan penggunaan pelajaran;
e.pembelajaran ditata dan terpusat pada lingkup kognitif sehingga pengetahuan dikuasai jika pelajaran itu digunakan;
f.bahan-bahan pelajaran melibatkan banyak interaktivitas siswa;
g.bahan-bahan pelajaran memadukan kata dan visual dari berbagai sumber.
h.Pengelompokan berbagai jenis media apabila dilihat dari segi perkembangan teknologi oleh Seels & Glasgow (1990:181-183) dibagi ke dalam dua kategori luas, yaitu pilihan media tradisional dan pilihan media teknologi mutakhir
i.Pilihan Media Tradisional
Visual diam yang diproyeksikan
Slides
filmstrips
b. Visual yang tak diproyeksikan
gambar, poster
foto
charts, grafik, diagram ~ pameran, papan info/ papah-bulu – Audi
Media Pembelajaran
rekaman piringan
pita kaset/ reel, cartridge d. Penyajian Multimedia
Visual dinamis yang diproyeksikan .-film
Televise
video Cetak
buku teks
modul, teks terprogram
workbook
majalah ilmiah, berkala
lembaran lepas (hand-out) Permainan
teka-teki
simulasi
permaman papan Realia
sumbr :ARSYAD,AZHAR.2009. MEDIA PEMBELAJARAN. JAKARTA: PT RAJAGRASINDO PERSADA
0 komentar:
Posting Komentar