IDENTITAS MATA PELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : KIMIA
Kelas/Semester : XII/I
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
STANDAR KOMPETENSI
Menerapkan konsep reaksi oksidasi reduksi dan elektroimia dalam tekologi dan kehidupan sehari-hari.
KOMPETENSI DASAR
Menerapkan hukum Faraday untuk elektrolisis larutan elektrolit
INDIKATOR
Menerapkan konsep hukum Faraday dalam perhitungan sel elektrolisis
Menuliskan reaksi elektrolisis pada penyepuhan dan pemurnian suatu logam
TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa diharapkan mampu :
- Menjelaskan konsep Hukum Faraday II
- Menerapkan konsep Hukum Faraday II
- Menuliskan reaksi elektrolisis pada penyepuhan dan pemurnian logam
MATERI POKOK
1. ELEKTROKIMIA
1.1. Hukum Faraday II
1.2. Penyepuhan dan pemurnian suatu logam
METODE PEMBELAJARAN
~ Metode Ceramah Interaktif
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
I.Tatap muka
Langkah-langkah Aktifitas guru Aktifitas siswa waktu
§17 Apersepsi dan motivasi
§18 Kegiatan inti
§9 Penutup
-121 Meminta siswa untuk menjelaskan Konsep hukum faraday II
-122 Menjelaskan Konsep Hukum Farady II
-123 Melakukan tanya jawab tentang penerapan konsep Hukum Faraday II
-124 Memberikan contoh soal penerapan konsep Hukum Faraday II
-125 Melakukan tanya jawab tentang proses penyepuhan dan pemurnian logam kotor
-126 Memberikan latihan soal
-127 Menunjuk beberapa orang siswa untuk dapat menyimpulkan materi
-128 Memberikan tugas mandiri -129 mencermati dan menjawab pertanyaan guru
-130 siswa mencermati penjelasan guru
-131 siswa memperhatikan penjelasan dan menjawab pertanyaan yang diajukan guru
-132 siswa melakukan interaksi terhadap materi yang dijelaskan
-133 menuliskan reaksi elektrolisis pada proses penyepuhan dan pemurnian logam
-134 Mengerjakan latihan soal dibawah bimbingan guru
-135 Siswa bersama guru menyimpulksn materi 10 menit
70 menit
10 menit
II. Tugas Terstruktur
Mengerjakan latihan soal materi prinsip kerja dan kegunaan sel volta dalam kehidupan sehari-hari
III.Tugas Mandiri
Mengerjakan latihan soal materi prinsip kerja dan kegunaan sel volta dalam kehidupan sehari-hari
MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
a. Media : Spidol, papan tulis
b. Sumber belajar :
- Kimia untuk SMA kelas XII : Michael Purba : Erlangga.
- Sains kimia kelas 3 SMA : Tine Maria Kuswati, Sri Rahayu Ningsih Ratih. Bumi Aksara.
- Kimia untuk SMA kelas 3; Nana sutresna ;Ganeca
PENILAIAN
a. Penilaian Proses : Penilaian pada saat proses belajar mengajar
b. Penilaian Hasil : pilaian yang dilakukan setelah proses belajar mengajar
SOAL
Suatu elektrolisis larutan AgNO3 menghasilkan 54 garam Ag. Tentukanlah massa Cu yang dihasilkan jika arus yang sama dialirkan kedalam larutan CuSO4
Ada 3 bidang Industri yang sangat penting menggunakan proses elektrolisis. Jelaskan ketiga bidang etrsebut.
Mengetahui Gorontalo, November 2008
Guru pamong Mahasiswa PPL
SRIYANA OHI,S.Pd Eka Puspita Sari
NIP. 132 158 082 NIM.441 405 001
0 komentar:
Posting Komentar