IDENTITAS MATA PELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : KIMIA
Kelas/Semester : XII/I
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
STANDAR KOMPETENSI
Menerapkan konsep reaksi oksidasi reduksi dan elektroimia dalam tekologi dan kehidupan sehari-hari.
KOMPETENSI DASAR
Menjelaskan reaksi oksidasi reduksi dalam sel elektrolisis
INDIKATOR
Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya korosi
Menjelaskan beberapa cara untuk mencegah korosi
TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa diharapkan mampu :
Menjelaskan pengertian korosi
Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya korosi
Menjelaskan beberapa cara untuk mencegah terjadinya korosi
MATERI POKOK
1. EKTROKIMIA
1.1. Korosi
MODEL PEMBELAJARAN
~ Pembelajaran STAD
LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
I. Tatap muka
Langkah-langkah Aktifitas guru Aktifitas siswa waktu
§13 Apersepsi dan motivasi
§14 Kegiatan inti
§7 Penutup
-90 Meminta siswa untuk menuliskan reaksi elektrolisis bentuk lelehan dan larutan dengan elektrode tak bereaksi
-91 Membagi siswa dalam 5 kelompok
-92 Menjelaskan pada siswa model pembelajaran yang akan diterapkan
-93 Menjelaskan materi secara singkat
-94 Membagikan LKS pada masing-masing kelompok sesuai jumlah siswa yang ada untuk dikerjakan secara bersama-sama dan siswa yang dianggap sudah memahami materi dijadikan sebagai tutor sebaya bagi teman-temannya yang belum mengerti
-95 Menyuruh masing-masing kelompok untuk memprosentasikan hasil diskusi masing-masing kelompok
-96 Memberikan kuis pa da siswa
-97 Menyuruh siswa untuk menyimpulkan materi
-98 Memberikan tugas mandiri
-99 mencermati dan menjawab pertanyaan guru
-100 siswa duduk sesuai kelompok masing-masing
-101 siswa memperhatikan penjelasan guru tentang model pembelajaran yang akan diterapkan
-102 Siswa mengerjakan LKS secara berkelompok dan siswa yang sudah memahami materi memberikan petunjuk bagi temannya yang belum memahami
-103 Kelompok yamg lain menanggapi
Hasil prosentasi dari kelompok penyaji
-104 Siswa menjawab kuis yang diberikan oleh guru
-105 Siswa menyimpulkan materi 10 menit
70 menit
10 menit
II. Tugas Terstruktur
Mengerjakan latihan soal materi prinsip kerja dan kegunaan sel volta dalam kehidupan sehari-hari
III.Tugas Mandiri
Mengerjakan latihan soal materi prinsip kerja dan kegunaan sel volta dalam kehidupan sehari-hari
MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
a. Media : Spidol
b. Sumber belajar :
- Kimia untuk SMA kelas XII : Michael Purba : Erlangga.
- Sains kimia kelas 3 SMA : Tine Maria Kuswati, Sri Rahayu Ningsih Ratih. Bumi Aksara.
- Kimia untuk SMA kelas 3; Nana sutresna ;Ganeca
PENILAIAN
a.Penilaian Proses : Penilaian pada saat proses belajar mengajar
b.Penilaian Hasil : pilaian yang dilakukan setelah proses belajar mengajar
SOAL
Jelaskan proses terjadinya korosi !
Sebutkan jenis-jenis benda yang mudah terjadi korosi !
Jelaskan cara mencegah terjadinya korosi !
0 komentar:
Posting Komentar