.IDENTITAS MATA PELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : KIMIA
Kelas/Semester : XII/I
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
II.STANDAR KOMPETENSI
2. Menerapkan konsep reaksi oksidasi reduksi dan elektroimia dalam tekologi dan kehidupan sehari-hari.
III.KOMPETENSI DASAR
2.2. Menjelaskan reaksi oksidasi reduksi dalam sel elektrolisis
IV.INDIKATOR
Menuliskan reaksi yang terjadi dianode dan katode pada larutan dengan elektrode bereaksi
V.TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa diharapkan mampu :
Menjelaskan ketentuan sel bentuk larutan dengan eletrode bereaksi
Menuliskan reaksi elektrolisis larutan dengan elektrode bereaksi
VI.MATERI POKOK
2.1. EKTROKIMIA
2.1. 2. Sel elektrolisis
- Sel elektrolisis bentuk larutan dengan elektrode bereaksi
VII.MODEL PEMBELAJARAN
~ Pembelajaran kooperatif tipe STAD
VIII.LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
I. Tatap muka
Langkah-langkah Aktifitas guru Aktifitas siswa waktu
§11 Apersepsi dan motivasi
§12 Kegiatan inti
§6 Penutup
-72 Meminta siswa untuk menuliskan reaksi elektrolisis bentuk lelehan dan larutan dengan lektrode tak bereaksi
-73 Membagi siswa dalam 5 kelompok
-74 Menjelaskan pada siswa model pembelajaran yang akan diterapkan
-75 Menjelaskan materi secara singkat
-76 Membagikan LKS pada masing-masing kelompok sesuai jumlah siswa yang ada untuk dikerjakan secara bersama-sama dan siswa yang dianggap sudah memahami materi dijadikan sebagai tutor sebaya bagi teman-temannya yang belum mengerti
-77 Menyuruh masing-masing kelompok untuk memprosentasikan hasil diskusi masing-masing kelompok
-78 Memberikan kuis pada siswa
-79 Menyuruh siswa untuk menyimpulkan materi
-80 Memberikan tugas mandiri
-81 mencermati dan menjawab pertanyaan guru
-82 siswa duduk sesuai kelompok masing-masing
-83 siswa memperhatikan penjelasan guru tentang model pembelajaran yang akan diterapkan
-84 Siswa mengerjakan LKS secara berkelompok dan siswa yang sudah memahami materi memberikan petunjuk bagi temannya yang belum memahami
-85 Masing-masing siswa memprosentasikan hasil diskusi
-86 Siswa menjawab kuis yang diberikan oleh guru
-87 Siswa menyimpulkan materi 10 menit
70 menit
10 menit
II. Tugas Terstruktur
Mengerjakan latihan soal materi prinsip kerja dan kegunaan sel volta dalam kehidupan sehari-hari
III.Tugas Mandiri
Mengerjakan latihan soal materi prinsip kerja dan kegunaan sel volta dalam kehidupan sehari-hari
IX.MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
a. Media : Spidol
b. Sumber belajar :
- Kimia untuk SMA kelas XII : Michael Purba : Erlangga.
- Sains kimia kelas 3 SMA : Tine Maria Kuswati, Sri Rahayu Ningsih Ratih. Bumi Aksara.
- Kimia untuk SMA kelas 3; Nana sutresna ;Ganeca
X.PENILAIAN
a. Penilaian Proses : Penilaian pada saat proses belajar mengajar
b. Penilaian Hasil : pilaian yang dilakukan setelah proses belajar mengajar
SOAL
1. Tuliskan reaksi elektrolisis Larutan NiSO4 dengan elektrode perak
2. Tuliskan eletrolisis larutan AgNO3 dengan elektrode pada katode adalah besi dan pada anode adalah platina
0 komentar:
Posting Komentar