Minggu, 13 Juni 2010

SKENARIO PEMBELAJARAN

Adapun langkah-langkah kegiatan yang merupakan skenario penbelajaran selama kegiatan pembelajaran berlangsung dengan menggunakan Infroving Learning dengan Inkuiri adalah sebagai berikut :
1) Pendahuluan (15’)
Guru memulai pelajaran dengan salam
Guru memberikan apersepsi tentang hidrolisis garam
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Guru membagi siswa dalam 3 kelompok heterogen yang beranggotakan 6-7 orang
2) Kegiatan Inti (60’)
· Guru menjelaskan maksud pembelajaran dan tugas kelompok sekaligus membagikan LKS
· Guru memanggil ketua-ketua kelompok untuk suatu materi yaitu sifat larutan garam, hidrolisis garam dari asam kuat dan basa kuat,serta hidrolisis garam dari basa kuat dan asam lemah. Sehingga satu kelompok mendapat tugas satu materi yang berbeda dari kelompok lain.
· Guru memberikan kesempatan kepada masing-masing kelompok untuk membahas materi yang teleh dibagikan secara kooperatif yang bersifat penemuan.
· Setelah selesai diskusi juru bicara kelompok menyampaikan hasil pembahasan kelompok.
· Guru memberikan kesempatan kepada siswa dari kelompok lain untuk bertanya tentang materi yang belum dimengerti.
· Guru membarikan kesempatan kepada siswa yang mempersentasekan untuk menjawab pertanyaan dari kelompok lain.
· Guru memberikan penjelasan singkat tentang sifat larutan garam, hidrolisis garam dari asam kuat dan basa kuat,serta hidrolisis garam dari basa kuat dan asam lemah..
3) Penutup (15’)
· Guru menyimpulkan materi yang telah dibahas
· Guru memberitahukan materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya
· Guru menugaskan untuk merangkum materi.
· Guru memberikan evaluasi



0 komentar:

Posting Komentar