IDENTITAS MATA PELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : KIMIA
Kelas/Semester : XII/I
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
STANDAR KOMPETENSI
Menerapkan konsep reaksi oksidasi reduksi dan elektroimia dalam tekologi dan kehidupan sehari-hari.
KOMPETENSI DASAR
Menerapkan konsep oksidasi reduksi dalam sistem elektrokimia yang melibatkan energi listrik dan kegunaannya dalam mencegah korosi dan dalam industri.
INDIKATOR
Menjelaskan contoh-contoh sel volta yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari
Menjelaskan prisip kerja sel volta yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari
TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa diharapkan mampu :
Menjelaskan contoh-contoh sel volta yang digunakan dalam kehidupan serhari-hari
Menjelaskan prinsip kerja sel volta yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari
MATERI POKOK
1. EKTROKIMIA
1.1 Sel volta
1.1.1 Kegunaan sel volta dalam kehidupan sehari-hari
MODEL PEMBELAJARAN
~ Model pembelajaran Kooperatif tipe STAD
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
I. Tatap muka
Langkah-langkah Aktifitas guru Aktifitas siswa waktu
§7 Apersepsi dan motivasi
§8 Kegiatan inti
§4 Penutup
-40 Menanyakan bagian – bagian sel volta dan sel galvani
-41 Membagi siswa dalam 5 kelompok
-42 Menjelaskan pada siswa model pembelajaran yang akan diterapkan
-43 Menjelaskan materi secara singkat
-44 Membagikan LKS pada masing-masing kelompok sesuai jumlah siswa yang ada untuk dikerjakan secara bersama-sama dan siswa yang dianggap sudah memahami materi dijadikan sebagai tutor sebaya bagi teman-temannya yang belum mengerti
-45 Menyuruh masing-masing kelompok untuk memprosentasikan hasil diskusi masing-masing kelompok
-46 Memberikan kuis pad asiswa
-47 Menyuruh siswa untuk menyimpulkan materi
-48 Memberikan tugas mandiri -49 mencermati dan menjawab pertanyaan guru
-50 siswa duduk sesuai kelompok masing-masing
-51 siswa memperhatikan penjelasan guru tentang model pembelajaran yang akan diterapkan
-52 Siswa mengerjakan LKS secara berkelompok dan siswa yang sudah memahami materi memberikan petunjuk bagi temannya yang belum memahami
-53 Kelompok yamg lain menanggapi hasil prosentasi dari kelompok penyaji
-54 Siswa menjawab kuis
-55 Siswa menyimpulkan materi 10 menit
70 menit
10 menit
II. Tugas Terstruktur
Mengerjakan latihan soal materi prinsip kerja dan kegunaan sel volta dalam kehidupan sehari-hari
III.Tugas Mandiri
Mengerjakan latihan soal materi prinsip kerja dan kegunaan sel volta dalam kehidupan sehari-hari
MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
a. Media : Spidol, papan tulis,chart
b. Sumber belajar :
- Kimia untuk SMA kelas XII : Michael Purba : Erlangga.
- Sains kimia kelas 3 SMA : Tine Maria Kuswati, Sri Rahayu Ningsih Ratih. Bumi Aksara.
- Kimia untuk SMA kelas 3; Nana sutresna ;Ganeca
PENILAIAN
a. Penilaian Proses : Penilaian pada saat proses belajar mengajar
b. Penilaian Hasil : penilaian yang dilakukan setelah proses belajar mengajar
SOAL
Sebutkan alat-alat elektronik yang menggunakan sel volta
Jelaskan sistem kerja dari
a. Sel aki
b. Sel kering
c. Sel bahan bakar
Mengetahui Gorontalo, November
Guru pamong Mahasiswa PPL
SRIYANA OHI,S.Pd Eka Puspita Sari
NIP. 132 158 082 NIM.441 405 001
0 komentar:
Posting Komentar